2 Sisi Manusia

Jadi kemaren malem gue ngobrol dengan temen SD gue dulu, kita ngobrolin soal pemilu 2014  2 sisi yang ada dalam diri manusia. Obrolan yang cukup menarik buat gue, walaupun dalam obrolan itu kayanya gue yg paling patrick alias telmi(telat mikir) alias lola (loading lama). Walopun gitu, sedikit banyak gue paham sama apa yg diobrolin. Nah temen gue ini bilang dalam diri manusia itu terdapat 2 sisi yang pasti kita punya. Oke sebut aja temen gue ini Mr.Roqcer (doi gamau nama aslinya disebut mungkin takut diculik atau apa #okelupakan), si Mr.Roqcer ini sempet bikin tweet yang menurut gue menarik.. ini dia ..



 
*)baca dari atas kebawah

 Jadi bisa disimpulkan, dalam diri kita ada 2 sisi yaitu sisi hitam dan sisi putih, sisi hitam disini dikatakan sebagai sisi gelap atau sisi jahat dalam diri kita dan sisi putih adalah sisi baik dalam diri kita. Namun, ga selamanya sisi hitam itu berarti jahat dan ga selamanya sisi putih itu berarti baik. Ibarat sebuah jalan, setiap jalan pasti memiliki jalan berlobang mau itu jalan lurus ataupun jalan berliku. Disini bisa diibaratkan jalan lurus itu adalah sisi putih dan jalan berliku itu sisi hitam.Kita harus bisa menyikapi 2 sisi mau itu sisi hitam ataupun sisi putih dalam diri kita dengan cara terbaik.


"Bagaimana menyikapi sisi gelap(hitam) yang ada pada diri kita?"

Kita gak perlu menutupi sisi hitam yang ada pada diri kita, kita hanya perlu mengetahui dan mengakui sisi gelap tersebut. Tidak ada satupun manusia yang tidak memiliki sisi hitam dalam dirinya. bahkan tanpa kita sadari, seseorang yang suka berlagak suci dan mengatakan tidak ada sisi hitam dalam dirinya adalah orang yang sangat  dekat sebenarnya dengan sisi hitam.

Seorang clinical hypnotherapist Kyle Varner dari Maryland, memberikan beberapa cara untuk menyikapi sisi hitam yang ada pada diri kita, yaitu pertama, sadari pola (pattern) kecenderungan sisi gelap diri kita. Nah kalo seperti yang dibilang sama Mr.Roqcer, berkenalanlah dengan sisi gelapmu. Kemudian  berusaha tidak melawan, tetapi merenungkan mengapa muncul sisi-sisi gelap tersebut. Di balik sisi gelap tersebut umumnya ada kebutuhan dan keinginan yang mungkin belum terpenuhi, atau tepatnya unfinished business dalam kehidupan kita. Memang sisi gelap tersebut bukannya harus diikuti, tetapi disikapi secara positif bahwa sisi gelap menunjukkan kemanusiaan kita yang nyata. Realita menunjukkan semakin kita melawan semakin besar dorongan dalam diri kita, semakin kita merasa kalut dan terjebak semakin jauh. Menurut Kyle Verner, dengan menyadari dan menerima sisi gelap ini terlebih dahulu, barulah kita bisa belajar mengendalikannya. Kita juga perlu mengarahkan energi sisi gelap tersebut untuk meraih kualitas hidup kita. Di satu sisi kita mengakui bahwa kita mempunyai kecenderungan negatif yang muncul dari sisi gelap tersebut, tetapi hal itulah yang sebenarnya bisa menjadikan hidup kita lebih kuat. Khususnya jika kita mampu mengendalikan bahkan menaklukkan sisi gelap tersebut.

Menurut gue pribadi, memang sebaik apapun seseorang dalam hatinya pastilah ada sisi jahat entah itu iri hati, dengki atau apalah yang pastinya ada tetapi bisa ditahan oleh seseorang tersebut. Bisa dikatakan orang baik itu hanyalah orang yg lebih bisa menahan kejahatannya. Sedangkan orang yang jahat bisa dikatakan itu hanyalah orang yang tidak bisa menahan kejahatannya.

"We've all got both LIGHT & DARK inside us. What matter is the part we choose to action. That's who we really are." -Sirius Black



*) Sumber: http://www.beritaunik.net/renungan/waspadai-sisi-gelap-dalam-diri-kita.html


4 komentar:

  1. How Haw mengatakan...:

    okesip. gue paham. kalo kata anime itu, 'kebaikan itu terlihat jika seseorang menutupi kebusukan dan kejahatannya dengan sangat baik atau memang tidak pernah menunjukkan kejahatannya'.

  1. Alfan Renata mengatakan...:

    Tapi terkadang manusia juga memiliki sisi Abu - Abu alias sisi dalam keadaan bingung atau bimbang, sisi ini bisa sangat berbahaya karena sangat mudah untuk terpengaruhi oleh hal-hal yang negatif.

    bantu klik dan kalo berkenan mohon di beri komentar balik di artikel ini dong :
    http://alfanrenata.blogspot.com/2014/04/hiperbola888-untuk-pecinta-bola.html

  1. Renny Noprianti mengatakan...:

    How Haw: tepat :)

    Alfan Renata: Setuju. Thankyou buat tambahannya :)

  1. Pur Woko mengatakan...:

    itulah kehidupan ada hitam dan ada putih...kalau putih semua ya ndak rame ndonyone...hehe

Posting Komentar

terimakasih sudah memberi kritik dan saran yang baik dan sopan :)