Keramasan, Potong Kuku Dan Potong Rambut Ketika Menstruasi itu Boleh Gak si??

Assalamualaikum semua..
hai hai terimakasih ya sudah mau mampir^^

Jadi kali ini, gue mau ngebahas soal keramas, potong rambut serta potong kuku ketika menstruasi itu boleh gak si sebenarnya.. yuk ah yang cewek simak yang cowo kalo mau baca silahkan, kalo ga yaudah pilih artikel lain aja ya buat dibaca hihi^^v

Nah, ceritanya nih, gue lagi posting ini dalam keadaan menstruasi juga atau kalo kata anak gaul si "PMS" (pre-menstruasi syndrom) nah serah deh ya apa namanya. terus pas gue pulang ngantor sore, dalam keadaan "becek", rambut kotor banget karena emg gue punya kebiasaan keramas itu 2 hari sekali, buat ngejaga rambut tetep bagus katanya si. nah terus pas gue mau mandi, nyokap gue tiba-tiba bilang "reni, mau mandi? lg mens jangan keramasan." gue kaget! gue jawab deh "lho kenapa ma? bukannya dari dulu boleh2 aja?" terus nyokap jawab, "kata nyai ga boleh" tiba2 gue bingung gue tanya deh sama nyokap kenapa ga boleh, jadi kata dia ketika cewek lagi mens itu keadaannya ga suci atau kotor. jadi kl mau sholat atau puasa mesti mandi wajib atau mandi junub dulu. nah, katanya kalo mandi keramasan takutnya ada rambut rontok jatuh, kita gatau yaudah rambut itu jatuh dalam keadaan ga suci dan dia bakalan nuntun nanti diakhirat karena udah dibuang secara ga suci. sedangkan kita meninggal, harus suci semuanya gitu. Yah jadi deh gue makin bingung. tapi seingat gue dulu ketika gue masih rutin ikut remaja "ROHIS" (Rohani Islam) kata kakak mentornya si, boleh-boleh aja asalkan niat kita satu. untuk bersih. toh juga kalo kita ga keramasan selama mens, terus misal mens-nya seminggu, seminggu pula ga keramasan itu bikin bau, ga baik buat kesehatan dan bisa ganggu org lain. malah bikin dosa, ya kan?

Apa yang dibilang nenek sama kakak mentor pas gue ROHIS si, sama-sama masuk akal. gue makin bingung deh tuh. terus gue sempat ngetweet "keramasan ketika pms boleh gak si?" yang respon lumayan. dan kebanyakan bilang boleh. cuma satu yg bilang gak boleh, alasannya gue lupa.

Nah, daripada bingung-bingung mele (gawl) yaudah, gue searching deh di gugel. daaaannnnnn......... hasilnya semua menyatakan keramas, potong kuku serta potong rambut itu diperbolehkan karna belum ada Dalil yang menyatakan itu tidak diperbolehkan. ternyata yang bilang ga boleh itu emang mitos dari orang tua dulu, mereka sangat taat dan takut sehingga untuk meng-antisipasi-nya mereka gamau potong rambut, potong kuku, sama keramas ketika menstruasi. padahal sebenarnya tidak ada dalil yang menyatakan itu semua ga diperbolehkan.

yah menurut gue si, semua kembali ke niat masing-masing dan kepercayaan masing-masing aja. kalo gue si, potong rambut sama kuku emang ga pernah gue lakuin kalo lagi mens karena hal itu gue sengaja dan gue takut aja potongan rambut sama kuku nanti nuntut disucikan diakhirat hahaha. nah kalo keramas, dan persoalan rambut rontok, itu kan ga disengaja. yaudah si, dalam islam juga kan semua yang ga disengaja atau yang ga diketahui itu hukumnya sah-sah aja. toh, mana ada org yang sengaja rontokin rambut, ya kan? iya. selama niat gue keramasan adalah agar bersih, sehat dan ga mengganggu penciuman orang2 disekitar gue, ya gamasalah deh. apalagi diperkuat dengan tidak adanya dalil yang melarang hihi^^

yap. sekian postingan kali ini. semoga bermanfaat buat kalian semua, ladies^^ bye~ *nox*

2 komentar:

  1. Arga Litha mengatakan...:

    intinya, diati2 sendiri lah ^^ Allah memaafkan ketidaksengajaan

  1. Renny Noprianti mengatakan...:

    setuju sama mbaknya :3

Posting Komentar

terimakasih sudah memberi kritik dan saran yang baik dan sopan :)